Kamis, 23 Oktober 2014

Cara untuk Mencegah Kanker Prostat

5 cara sederhana untuk mencegah kanker prostat

Modifikasi sederhana dalam kebiasaan makanan, termasuk mengadopsi diet kaya sereal, ikan dan sayuran berdaun hijau, secara drastis dapat mengurangi kemungkinan kanker prostat, yakni sebagai salah satu kanker paling umum di antara pria. Penelitian juga menunjukkan bahwa pola makan kaya daging merah dan produk susu tinggi lemak meningkatkan risiko kanker prostat. Diet lemak tinggi dan daging merah adalah penyebab utama kanker prostat, ucap PK Julka, Kepala Departemen Onkologi All India Institute of Medical Sciences (AIIMS).

Anda dapat mencegah kanker prostat dengan beberapa perubahan gaya hidup sederhana, seperti:
1. Hindari daging merah

Pria yang gemar mengkonsumsi produk lemak tinggi lebih rentan untuk mendapatkan kanker prostat. Sebaliknya diet rendah lemak dengan membatasi daging merah, minyak dan produk susu dan keju efektf dalam mencegah penyakit kanker prostat.

2. Minum teh hijau

Studi pada pria yang minum teh hijau atau mengambil ekstrak teh hijau sebagai suplemen juga ditemukan penurunan signifikan terhadap risiko kanker prostat.

3. Modifikasi pola makan Anda

Meskipun usia merupakan faktor yang tak dapat kita kontrol, modifikasi pola makan tertentu sepanjang hidup Anda pasti bisa membantu Anda mengurangi risiko terkena menderita penyakit ini. Memilih diet sehat adalah penting dalam mengurangi risiko kanker prostat. Seperti Makan semangkuk besar sereal, mengganti susu sapi dengan kedelai, lalu masukkan ikan dalam diet dan makan beberapa porsi bayam dan sayuran berdaun hijau lainnya per minggu dapat mengurangi risiko kanker prostat.

4. Konsumsi sayuran hijau

sayuran hijau mencegah kanker prostat
Lemak nabati dari tanaman umumnya lebih aman dan sehat daripada lemak yang berasal dari hewan. Misalnya, memasak dengan minyak zaitun daripada mentega atau taburi kacang-kacangan dan biji-bijian daripada menaburkan keju.

Buah-buahan dan sayuran yang penuh dengan vitamin dan mineral dapat menambahkan beberapa manfaat untuk kesehatan Anda. Selain itu sering mengkonsumsi produk yang dibuat dari kacang kedelai juga dikaitkan dengan penurunan risiko kanker prostat.

5. Hindari gula dan pati

Permen manis dan soda serta makanan bertepung seperti roti putih dan nasi putih adalah jenis karbohidrat tinggi glikemik. Satu studi baru-baru ini menemukan bahwa pria yang mengkonsumsi makanan manis, makanan bertepung meningkatkan sebanyak 64 persen untuk mengembangkan kanker prostat. Jadi bijaklah dalam memilih sumber karbohidrat dalam menu keseharian Anda. Anda dapat mengkonsumsi karbohidrat yang berasal dari gandum, ubi, singkong, beras merah dan biji-bijian lainnya.

Baca juga : Obat Alami Kanker Prostat Stadium 4

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar